Pages

November 9, 2011

4 Sehat 5 Sempurna 6 Bahagia (Berinternet dan Maju Bersama XL)


Bagi saya asupan jiwa raga bukan saja 4 sehat 5 sempurna, Tapi 4 sehat 5 sempurna dan 6 Bahagia. Mungkin sedikit aneh kalau saya menempatkan “6 Bahagia” pada jargon 4 sehat 5 sempurna yang sudah melekat demikian erat di rakyat Indonesia. Kenapa 6 bahagia ? Jawabannya mutlak, hidup di zaman serba canggih seperti sekarang ini membuat manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan informasi dan teknologi. Kebutuhan akan akses data informasi merupakan pelengkap hidup manusia sehari-hari. Kurang percaya ? coba saja anda lihat statistik. Menurut statistik yang dilansir www.internetworldstats.com dan Wikipedia.org sepanjang tahun 2010-2011, 70% masyarakat dunia mengakses internet setiap harinya, tidak terkecuali di Indonesia dimana menurut Kemenkominfo pada tahun 2011 penetrasi internet di Negara kita mencapai 45 juta pengguna perharinya . 

Masih kurang percaya statistik ? simple saja, coba perhatikan teman sekitar anda, mungkin anda akan menemukan teman yang menjadi tidak mempedulikan atau bahkan sampai melupakan 4 sehat 5 sempurna (Makan dan minum) hanya karena “terlalu bahagia” duduk berlama-lama di depan layar komputer atau gadgetnya untuk berjejaring sosial ria. Maka tak heran kalau fenomena tersebut membuat saya menambahkan 1 elemen lagi ke dalam jargon 4 sehat 5 sempurna, yakni “6 bahagia”, dimana “berinternet” sebagai elemen tambahannya.

Pada kasus pengguna yang lupa diri seperti yang saya utarakan di atas, elemen “6 Bahagia” bahkan telah mendominasi perilaku seseorang, yang cenderung membuat seseorang mengesampingkan kebutuhan dan lingkungannya. Baik atau buruknya kita serahkan saja pada individu masing-masing. 

Yang jelas, dengan internet kita bisa memenuhi lapar dahaga mencari informasi, lapar dahaga berbagi informasi atau mungkin lapar dahaga berbagi update status di jejaring sosial. Secara “lebainya” dapat dikatakan kalau :
“Hidup ini terasa lengkap ketika kebutuhan internet terpenuhi”
Berlebihan ? memang !, tapi setidaknya bagi saya inilah keadaannya dan saya benar-benar mengalaminya. Sebagai seorang blogger, sehari-harinya hidup saya tidak pernah bisa terlepas dari kebutuhan internet. Bahkan ada kalanya saya membutuhkannya pada tingkat yang sangat urgent. Misalnya ketika inspirasi datang tiba-tiba, First thing yang saya lakukan adalah bergegas  buka netbook, colok modem internet dan jreng! Inspirasi telah berhasil saya uraikan ke dalam untaian kata pada blog sastra saya.  Artinya internet telah menjadi satu keharusan dalam keseharian saya. It’s a must!.
“Oh, bahagianya ketika inspirasi tertuang dengan lancar…”
Dalam dunia kami para blogger, proses download atau upload dokumen, photo, video, musik dan attachment lain merupakan hal-hal lazim yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas ngeblog. Oleh karenanya kami sangat membutuhkan support akses data internet yang berkualitas tinggi agar kami lebih leluasa dalam beraktifitas di dunia maya ini.  Tahukan anda jikalau akses data kami lemot maka dapat dipastikan kami akan menjadi galau.
“Oh puasnya hati, apabila akses dataku begitu kencang…”
Berbicara mengenai akses data, saya memiliki pengalaman yang cukup menyebalkan. bagaimana tidak, sudah berkali-kali saya dikecewakan oleh operator telekomunikasi di negara ini. Mulai dari promo tarif yang tidak sesuai kenyataan, sinyal yang kurang baik hingga pelayanan customer yang tidak memuaskan. Saya semakin yakin ada “sesuatu” yang salah ketika saya membaca berbagai forum di internet banyak user yang mengeluhkan hal yang sama seperti saya.
“Oh sedihnya, ketika akses dataku begitu lamban…”
Tapi, namanya juga belajar dari pengalaman, hasil dari rangakaian pergantian kartu modem dari operator satu ke operator lain  dan searching internet membawa saya kepada XL yang sejak tahun 2009 selalu setia menemani kemanapun saya dan modem saya pergi. Pengalaman saya telah membuktikan bahwa XL memang “XLangkah Lebih Maju”.

Aktivitas ngeblog saya sekarang sudah tidak menemui hambatan, dengan support akses data yang berkualitas saya yakin saya dan para blogger lainnya bisa lebih maksimal dalam mengeksplorasi inspirasi ke dunia maya. Berbagi lebih banyak ilmu pengetahuan, wawasan dan karya sastra hingga membuat dunia menjadi lebih berwarna.
”Oh bangganya, dengan internet hidupku kini XLangkah lebih maju..
"Oh senangnya, dengan XL aksess dataku kini XLangkah lebih maju.."
Sebagai penutup, sedikit petikan puisi yang saya buat semoga berkenan,
“Kala nyata berganti maya, terbitlah sang juara
Menemani Sang Penjelajah Maya
XLangkah lebih maju.
Selalu…selamanya…”

2 comments:

Tinggalkan komentar...